Wednesday, December 23, 2009

Asyiikkkkkk ikut Training NLP

Hari Selasa dan Rabu tanggal 15 - 16 Desember 2009 bertempat di Hotel Garage Sangkan Kuningan, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat dengan Triner Enny Aziz menyelenggarakan Training NLP dan di beri Judul The Power of Integrity.
Training diikuti 39 peserta terdiri dari 9 Pejabat Struktural, 10 staf TU dan selebihnya Pejabat Fungsional auditor.
Kegiatan diawali dengan mengisi form Intropeksi "Pribadi" dan Harapan peserta dengan Workshop ini, dan dilanjutkan dengan game-game menarik, menyeimbangkan Otak Kiri dan Otak Kanan, Mengaktifkan Pikiran Bawah Sadar, Goal Setting, Pengungkapan Appresiasi, Relaksasi dan Sebagai Bonus Terapi ala EFT (Emotional Freedom Tehnique.

Setelah selesai mengikuti workshop singkat namun efektif.... Bapak Ruchijat selaku Kepala Perwakilan, membisikkan agar penulis selaku Head of HRM untuk melakukan Monev (Monitoring dan Evaluasi) kepada para peserta Training apakah Trining ini Bermanfaat, dan selanjutnya dapat menindak lanjuti dengan Diseminasi kepada Pegawai yang belum ikut.
Pada saat itu timbul keraguan di hati penulis, apakah para peserta diklat akan mengaplikasikan Ilmu NLP ini, seperti diaplikasikan dalam: Edukasi (belajar/mengajar), Counseling (sekolah, psikologi, dll), Bisnis / Marketing / Selling, Pengembangan Diri, Mangement (Leadership), Team Work, Sport, Motivasi, Terapi dll.

Keraguan ini timbul, karena selama ini training serupa terasa pengaruhnya hanya dalam hitungan hari...... dan kemudian kembali seperti semula sepertinya belum ikut training, contohnya Training ESQ, Charakter Building dll...
Sebagaimana konsep NLP; NLP tidak Fokus pada Bingkai Masalah, tapi pada Bingkai Solusi,..... timbullah ide-ide di kepala, agar Training NLP ini ada manfaatnya dan dapat di Aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, langkah yang harus dilakukan:
1)Membentuk Group Master Mind, yaitu orang-orang yang menaruh minat memperdalam NLP dan ingin berbagi
2)Secara berkala (bisa 2 minggu sekali), melakukan pertemuan untuk Berdiskusi, Berkoloborasi, saling melempar ide-ide dan bila sudah berjalan teratur, menawarkan kepada ex peserta Training NLP untuk ikut bergabung dalam acara Forum Diskusi Ilmu NLP.
3)Mengusulkan kepada Kaper, mengirim satu atau dua orang yang betul-betul berbakat untuk memperdalam NLP untuk mengikuti Training lanjutan seperti:NLP Master Practitioner,Unstoppable Motivation Power, Communication Skill with NLP,Advanced Persuasion Skill (Advanced Linguistic Skill),Focus Interview With NLP,Coaching and Counseling with NLP,Dynamic Presentation Skill with NLP (Business Presentation for Executive), Successful Negotiation With NLP,dll
Bila poin ke 3 ini disetujui, mereka berkewajiban melakukan Desiminasi atau menularkan Ilmu yang di dapat kepada Pegawai.
Saya teringat tentang Konsep Active Learning :
Apa yang saya dengar saya lupa,
Apa yang saya ingat saya tidak ingat
Apa yang saya dengar,lihat dan diskusikan saya mulai mengerti
Apa yang saya dengar,lihat dan diskusikan saya kerjakan, saya dapat pengetahuan dan ketrampilan
Apa yang saya ajarkan saya kuasai.
Semoga tulisan ini bermanfaat.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home